Ahad 24 Aug 2014 13:45 WIB

Jenderal Prayuth Ingin Pembangkit Listrik Dibangun di Setiap Wilayah

Prayuth Chan-ocha
Prayuth Chan-ocha

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK-- Jenderal Prayuth Chan-ocha, pemimpin Dewan Nasional Ketentraman dan Ketertiban (NCPO) serta panglima militer, mengatakan bahwa pembangkit listrik tambahan harus dibangun di setiap wilayah Thailand, ditujukan untuk memenuhi meningkatnya permintaan dan membantu pertumbuhan ekonomi negara mendatang.

Jenderal Prayuth, yang dengan suara bulat terpilih sebagai perdana menteri baru Thailand pekan ini dan menunggu dukungan kerajaan, mengatakan selama pidato televisi mingguannya Jumat malam, bahwa pasokan listrik di negara ini saat ini masih kurang, terutama di wilayah Selatan.

Tenaga listrik harus dikirimkan dari Pusat dan Barat ke Selatan, tetapi ada kebutuhan untuk memperkuat keamanan listrik guna mencegah pemadaman atau kekurangan daya di Selatan, kata Jenderal Prayuth. Ada kebutuhan untuk strategi energi di masa depan, misalnya, mengantisipasi permintaan di sektor industri dan rumah tangga selama lima tahun ke depan, katanya.

Strategi ini harus diletakkan baik di jangka pendek maupun jangka panjang dan harus dilakukan secara transparan. Dia mengatakan, NCPO telah memberikan persetujuan untuk membangun pabrik untuk menggantikan pembangkit listrik nomor 4-7 pada pembangkit listrik Mae Moh di provinsi utara Lampang, yang harus berhenti beroperasi pada tahun 2017 karena umur mereka.

"Pengadaan dan perbaikan memakan waktu beberapa tahun dan untuk itu harus dimulai sekarang," kata Jenderal Prayuth.

NCPO telah memberikan persetujuan untuk membangun antara 3-4 pabrik listrik yang akan didukung oleh sampah organik dan sumber energi alternatif lainnya pekan lalu, kata Jenderal Prayuth. Dia menambahkan bahwa pemerintah sebelumnya tidak pernah memutuskan dengan jelas di mana atau kapan pembangkit listrik baru itu harus dibangun dan mereka telah menyebabkan "masalah yang kompleks sampai sekarang."

Dia mengatakan, masalah listrik harus ketat mengikuti Rencana Pembangunan Listrik negara 2010 atau PDP 2010 (BE 2553 2573) yang telah direvisi untuk ketiga kalinya.

"Ini adalah untuk menghilangkan masalah yang dapat menyebabkan korupsi. Mulai sekarang, pembangkit listrik harus dibangun di setiap wilayah, tidak hanya pada kawasan industri atau di wilayah Tengah saja. Pembangkit listrik yang lebih kecil akan dibangun dalam 5-10 tahun ke depan, dan mereka setidaknya bisa meringankan pemadaman sementara," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement