Rabu 24 Dec 2014 16:43 WIB

Erdogan Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Tunisia

Recep Tayyip Erdogan
Foto: AP
Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghubungi President terpilih Tunisia Beji Caid Essebsi untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu terbaru.

Erdogan mengatakan kepada Presiden Beji Caid Essebsi bahwa konsolidasi demokrasi di Tunisia akan menjadi contoh negara di seluruh kawasan.

Beji Caid Essebsi adalah seorang veteran politik terpilih sebagai presiden Tunisia, sebuah negara yang baru teraliri listrik setelah menggulingkan diktator yang telah berkuasa selama 73 tahun, Ben Ali pada 2011.

Hasil pemilu Tunisia merupakan cerminan kerinduan warga Tunisia untuk kembali ke keadaan yang stabil.

Setelah memasuki masa transisi demokrasi selama empat tahun, kekerasan dan krisis ekonomi, revolusi pemuda telah mengubah simbol dari rezim lama.

Essebsi memenangkan 55,68 persen suara sesuai dengan hasil hari Senin (22/12) dan berkampanye untuk pemulihan prestise negara, mengembalikan warisan pendiri Tunisia, Habib Bourguiba, yang membangun negara dan berpendidikan tetapi memperbolehkan adanya sedikit oposisi.

Presiden terpilih Essebsi mengalahkan Moncef Marzouki, seorang aktivis hak asasi manusia yang menjadi presiden sementara setelah revolusi.

Marzouki mendapatkan 44,32 persen suara, berdasarkan jajak pendapat hitung cepat juga telah meramalkan hasil yang sama segera setelah pemungutan suara berakhir Minggu (21/12) malam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement