Ahad 01 Feb 2015 23:27 WIB

Jepang Luncurkan Satelit Pemantau Bencana Alam

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ilham
Satelit Galileo
Foto: satellite
Satelit Galileo

REPUBLIKA.CO.ID, TANEGASHIMA - Jepang bisa jadi merupakan salah satu negara yang tidak mau ketinggalan dalam hal inovasi teknologi. Kali ini, Jepang meluncurkan sebuah roket yang membawa satelit cadangan untuk mengumpulkan data-data intelejen oleh pemerintah, Ahad (1/2). 

Peluncuran ini awalnya direncanakan hari Kamis, pekan lalu. Namun ditunda lantaran cuaca buruk. Peluncuran dilakukan oleh Japan Aerospace Explanation Agency dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd. Satelit yang diluncurkan pada roket H-2A dari Tanegashima Space Center ini akan digunakan untuk memonitor tanah sehingga pemerintah Jepang bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keamanan nasional dan bencana alam.

Satelit yang diluncurkan ini merupakan satelit cadangan. Sebelumnya, Jepang sudah memiliki satelit radar sehingga Jepang bisa memantau informasi bencana alam. Empat satelit intelejen Jepang sudah berada di orbit, terdiri dari sua satelit optik dan dua satelit raar, Satelit cadangan ini melengkapi satelit radar yang sudah ada.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement