Kamis 05 Feb 2015 18:26 WIB

Warga Taipei Sebut Pilot TransAsia Pahlawan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pesawat TransAsia Airways mengalami kecelakaan pada Rabu (4/2).
Foto: twitter
Pesawat TransAsia Airways mengalami kecelakaan pada Rabu (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Pilot pesawat TransAsia yang jatuh di sungai turut menjadi korban tewas. Hingga saat ini 31 penumpang dari TransAsia ATR 72-600 ini dinyatakan tewas dan 12 lainnya masih hilang.

Dilansir dari //AFP// apa yang dilakukan pilot Liao Chien Tsung patut menjadi contoh dan disambut oleh para ahli penerbangan. Mengemudikan pesawat turboprop dengan 53 penumpang dan lima awak menjauhi daerah pemukiman diutamakan agar menghindari lebih banyak kematian dan kerusakan.

"Pilot rupanya sadar untuk menghindari korban yang lebih banyak dengan menjatuhkannya ke sungai. Ini langkah yang sangat berani," ujar analis penerbangan Hongkong Daniel Tsang.

Seorang penulis dan aktris Gin Oy mengatakan pilot TransAsia seorang pahlawan yang berhasil mengarahkan pesawat tanpa menabrak bangunan tinggi. Surat Kabar Apple Daily bahkan memuat halaman depan mengucapkan terimakasih karena ''Pilot telah menyelamatkan Taipei,".

Liao yang saat ini berusia 41 tahun adalah pria yang rajin bekerja dan sangat mencintai keluarganya. Dia berlatar belakag dari keluarga yang sederhana dan pekerja keras.

Liao pernah bergabung dengan angkatan udara sebelum menajdi pilot pesawat komersil. "Kami bangga padanya. Dia sangat berani untuk menghindari bangunan,"kata bibi Liao di rumah duka Taipei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement