Jumat 13 Feb 2015 04:59 WIB

Jumlah Anak-Anak Muslim di Inggris Naik Dua Kali Lipat

Rep: C13/ Red: Ani Nursalikah
Pemuda Muslim Inggris
Foto: thefridaytimes
Pemuda Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jumlah umat Islam terutama anak-anak Muslim di Inggris dan Wales meningkat dua kali lipat dalam satu dekade ini.

Seperti dikutip laman Dailly Mail, Jumat (13/2), Dewan Muslim Inggris telah melakukan analisis dan sensus data pada 2011. Hasilnya, populasi dinyatakan meningkat lebih dari satu juta dalam sepuluh tahun.

Dalam hasil yang diperoleh Dewan Muslim Inggris, jumlah umat Muslim di Inggris dan Wales meningkat 75 persen atau naik dari 1,5 juta menjadi 2,7 juta orang.

Penelitian menunjukkan, satu dari anak yang berusia 12 tahun di sekolah Inggris dan Wales merupakan Muslim. Sepertiga umat Islam di wilayah tersebut berusia di bawah 15 tahun. Kemudian, setengahnya berusia di bawah 25 tahun.

Muslim di Inggris diprediksi akan semakin banyak jumlahnya pada 2021. Prediksi itu menyebutkan akan ada sekitar 300 ribu remaja Muslim di Inggris dan Wales.

Lebih dari setengah muslim Inggris memang lahir di luar negeri. Wakil Perdana Menteri, Nick Clegg pun ikut menanggapi fenomena meningkatnya jumlah Muslim ini.

 

"Data yang diambil dalam sensus 2011 merupakan hal yang penting bagi umat Islam di Inggris. Dewan Muslim Inggris tentu merasa terbantu dan dapat memberikan gambaran tentang tantangan sosial-ekonomi dan peluang terkini menghadapi komunitas Muslim Inggris," ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement