Rabu 11 Mar 2015 08:01 WIB

Gempa Kuat Guncang Kolombia

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 pada Skala Richter mengguncang beberapa bagian timur-laut Kolombia pada Selasa (10/3), kata beberapa sumber lokal.

Dinas Seismologi Kolombia menyatakan gempa tersebut terjadi pada pukul 15.47 waktu setempat, dan pusat gempa dipantau berada pada jarak 7,4 kilometer dari Mesa de los Santos, Ibu Kota Departemen Santander, tempat laporan awal mengatakan dua tiang listrik tumbang akibat gempa itu.

"Tak ada laporan mengenai korban setelah gempa dengan kekuatan 6,6 pada Skala Richter mengguncang sebagian besar wilayah Kolombia," kata jaringan berada di negeri tersebut, Caracol, di jejaringnya, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Rabu (11/3) pagi. Tapi, tambahnya, "gempa itu menimbulkan ketakutan besar".

Gempa bumi tersebut juga terasa di Bogota, Ibu Kota Nasional

Kolombia, dan wilayah lain termasuk Bucaramanga, Medellin, Manizales, Costa Atlantica, seluruh Departemen Boyaca dan ke daerah timur-laut, yang berbatasan dengan Venezuela.

Di Bogota, gedung tinggi di pusat kota itu dikosongkan.

Pemerintah menilai situasi tersebut untuk mengidentifikasn kemungkinan jatuhnya korban atau kerusakan pada bangunan akibat gempa kuat itu, yang mengganggu layanan telepon seluler akibat membanjirnya lalu lintas telepon, selain mengakibatkan kepanikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement