Kamis 26 Mar 2015 08:31 WIB

Saat Germanwings Jatuh, Satu Pilot Terkunci di Luar Cockpit?

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham
Puing-puing pesawat Germanwings terlihat di Pegunungan Alpen
Foto: abc news
Puing-puing pesawat Germanwings terlihat di Pegunungan Alpen

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Salah satu pilot pesawat Germanwings 9525 terkunci di luar kokpit saat pesawat nahas itu jatuh, Selasa (24/3) waktu setempat. Hal itu dibuktikan dari rekaman yang ditemukan.

"Anda dapat mendengar ia sedang mencoba menghancurkan pintu bawah," kata seorang pejabat senior militer yang terlibat dalam penyelidikan dikutip dari CNN, Kamis (26/3).

Namun, pihaknya belum mengetahui alasan mengapa salah satu pilot tersebut keluar dari kokpit. "Tapi yang pasti adalah bahwa di akhir penerbangan, pilot lain sendirian dan tidak membuka pintu," lanjutnya.

Agen FBI yang berbasis di Perancis, Jerman dan Spanyol mencari melalui sumber-sumber intelijen dan referensi silang manufes penumpang Germanwings 9525. Sejauh ini, pencarian mereka belum menemukan sesuatu yang menonjol atau apa pun yang menghubungkan penumpang dengan hal kriminal.

Pemerintah Prancis mengungkapkan, mereka telah bisa mengakses audio dari perekam yang ada meski casingnya telah rusak. Menurut mereka, menemukan kotak hitam kedua dari pesawat itu kini menjadi hal yang sangat penting untuk memahami misteri akan apa yang terjadi di dalam pesawat.

Kotak itu, perekam data penerbangan belum ditemukan. Tetapi CEO Lutfhansa, Carsten Spohr yakin bila itu semua akan ditemukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement