Kamis 26 Mar 2015 09:02 WIB

Penyelidik Germanwings: Pilot 'Aneh'

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
 Regu penolong tiba di lokasi jatuhnya pesawat Germanwings.
Foto: AFP
Regu penolong tiba di lokasi jatuhnya pesawat Germanwings.

REPUBLIKA.CO.ID, SEYNE-LES-ALPES -- Seorang penyidik kecelakaan Germanwings yang tidak ingin disebut namanya mengatakan pada New York Times bahwa salah satu pilot meninggalkan kokpit dan tidak kembali, Kamis (26/3). Keterangan tersebut diperoleh dari rekaman audio.

Salah satu pilot tersebut meninggalkan kokpit pada waktu awal-awal penerbangan. Ia kemudian tidak bisa masuk kembali. Satu pilot lagi disinyalir mengunci kokpit.

Investigator mengatakan, awalnya pilot yang berada di luar mengetuk pintu pelan. Namun, lama kelamaan suara gedoran pintu semakin keras. "Anda bisa dengar dia mencoba untuk mendobrak pintunya," kata penyidik, seperti dilansir AP, Rabu (25/3).

Para investigator mengatakan, mereka tidak ingin berspekulasi kenapa pilot yang berada di dalam tidak membuka pintu. Ia juga tidak melakukan kontak dengan pengendali lalu lintas di darat sebelum pesawat jatuh pada Selasa.

Pesawat Airbus Germanwings mengalami kecelakaan di pegunungan Alpen hingga hancur berkeping-keping. Seluruh penumpang dan kru pesawat sebanyak 150 orang dinyatakan tak ada yang selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement