Jumat 27 Mar 2015 03:50 WIB

Kopilot Germanwings Sengaja Tabrakkan Pesawat?

Rep: Sonia Fitri/ Red: Ilham
Ko-pilot Germanwings Andreas Lubitz
Foto: reuters
Ko-pilot Germanwings Andreas Lubitz

REPUBLIKA.CO.ID, MARSIELLE -- Sebuah pernyataan mengejutkan terkait penyebab kecelakaan pesawat Germanwings di pegunungan Alpen dua hari lalu keluar dari seorang Jaksa di Marseille Prancis, Brice Robin. Ia menyebut, insiden pesawat tabrakan bukanlah kecelakaan, melainkan disengaja. 

Sebagaimana dilansir dari Reuters, kopilot pesawat yang diketahui berkebangsaan Jerman bernama Andreas Lubitz (28 tahun) disebut secara sengaja menabrakan pesawat itu ke tebing pegunungan Alpen ketika sang pilot keluar dari kokpit.

"Ia merupakan co-pilot Airbus A320 yang menjadi pengemudi tunggal pesawat itu setelah pilot keluar dari kokpit,” terangnya. Diceritakan Robin, berdasarkan rekaman kotak hitam, kopilot menolak membuka pintu kokpit ketika sang pilot hendak kembali ke dalam. Ia pun menekan tombol yang membuat pesawat itu terjun bebas. 

Meski begitu, Robin  menegaskan pernyataan pemerintah Prancis yang membantah adanya keterkaitan antara insiden tersebut dengan aksi terorisme. "Tidak ada bukti yang mengarahkan pada aksi terorisme,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement