Rabu 15 Apr 2015 02:48 WIB

Perahu Terbalik di Laut Libya, Ratusan Orang Diduga Tenggelam

Rep: c23/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi tenggelam
Foto: Republika
Ilustrasi tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID, LIBYA –- Sekitar 400 imigran dikhawatirkan tenggelam setelah kapal yang mereka tumpangi terbailk di Libya. Penjaga pantai Italia yang melintas di daerah tersebut telah menyelamatkan 144 orang pada Senin (13/4). Tim segera melakukan operasi udara dan laut untuk melakukan pencarian dan menyelamatkan korban lainnya.

“Banyak korban yang masih muda, dan mungkin anak-anak,” kata organisasi Save the Children, seperti dikutip BBC News, Rabu (15/4).

Sembilan korban tewas telah ditemukan setelah pencarian dilakukan. Salah seorang saksi yang selamat menjelaskan perahu terbalik karena mengangkut sekitar 550 imigran. Peristiwa tersebut terjadi setelah perahu meninggalkan pantai Libya.

Insiden tersebut terjadi sekitar 60 mil dari laut Libya. Setelah kejadian itu, sebuah kapal penjaga pantai Italia datang untuk menyelamatkan 250 imigran. Kapal penjaga pantai tersebut juga telah membawa 342 imigran sejak kejadian pada Senin (13/4).

Uni Eropa mengatakan lebih dari 7 ribu imigran telah berangkat dari Mediterania sejak Jumat pekan lalu. Tahun lalu, lebih dari 280 ribu orang memasuki Uni Eropa secara ilegal. Rata-rata dari mereka melarikan diri dari konflik yang terjadi di Suriah dan Somalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement