Selasa 21 Apr 2015 02:26 WIB

Turki Tahan WN Inggris yang Traveling ke Suriah

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Anggota ISIS ketika melakukan parade di Raqqa, Suriah.
Foto: AP Photo
Anggota ISIS ketika melakukan parade di Raqqa, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL –- Pejabat pemerintah Turki mengatakan telah menahan sepasang suami istri yang diyakini telah melakukan perjalanan ke Suriah bersama empat anaknya. Mereka teridentifikasi dengan nama Sara Kiran (29) dan Asif Malik (31).

Kiran dan Malik ditangkap di sebuah hotel di Istanbul setelah menyeberang ke Turki dari Yunani. Sekarang keduanya berada dalam tahanan polisi di Ankara.

Keluarga yang berasal dari Slough, Berkshire, Inggris, itu dilaporkan hilang pada 16 April. Kepolisian Turki diberitahukan perihal kehilangan pasangan tersebut pada 19 April oleh pemerintah Inggris.

“Proses deportasi bisa dimulai dalam beberapa hari,” kata seorang pejabat di kantor Perdana Menteri Turki, seperti dikutip BBC News, Selasa (21/4). Sedangkan kepolisian di Lembah Thames mengatakan belum menerima konfirmasi perihal penahanan pasangan tersebut.

Keluarga Kiran dan Malik meninggalkan Slough pada 7 April tanpa menyebutkan rencana perjalanan apapun pada kerabatnya. Keluarga mereka masing-masing telah memberikan pernyataan bahwa mereka merindukan dan mencemaskan keduanya. "Anda tidak dalam kesulitan, kita tidak marah atau kesal, dan kami hanya ingin kau pulang dengan selamat," kata keluarga Kiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement