Senin 27 Apr 2015 13:44 WIB

Negara ASEAN Beri Bantuan untuk Korban Gempa Nepal

Rep: C07/ Red: Erik Purnama Putra
Para kepala negara dalam acara KTT ASEAN.
Foto: Antara
Para kepala negara dalam acara KTT ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Negara anggota di ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara mengatakan mereka siap untuk memberikan bantuan kepada negara-negara yang terkena gempa yang mematikan pada hari Sabtu (27/4).

Para delegasi tersebut memberikan pernyatannya di Kuala Lumpur dalam KTT ASEAN yang secara resmi dimulai pada hari ini dan akan digelar sampai tiga hari ke depan.

"Kami, para Menteri Luar Negeri ASEAN, sangat terkejut dan sedih dengan gempa 7,8 Skala Richter yang melanda Nepal serta tetangga sekitarnya, India dan Bangladesh," kata menteri luar negeri dalam pernyataan bersama di Kuala Lumpur seperti dikutip dari Chanel News Asia, Senin (27/4).

Para menteri luar negeri dari negara Asia Tenggara itu menyampaikan belasungkawa terhadap negara Nepal, India dan Bangladesh serta keluarga yang terkena dampak gempa. "Kami sangat sedih dengan banyaknya nyawa yang hilang serta kerusakan infrastruktur serta peninggalan sejarah situs di ibukota Kathmandu dan sekitarnya," tambahnya.

Mereka juga mengungkapkan solidaritas untuk siap untuk memberikan bantuan dan bergabung dengan upaya internasional dalam membantu Pemerintah dan bangsa Nepal, India dan Bangladesh." Lebih 2.500 orang tewas dalam gempa pada hari Sabtu, sementara ribuan lainnya terluka dan kehilangan tempat tinggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement