Ahad 10 May 2015 17:03 WIB

Dirawat Tujuh Bulan, Raja Thailand Diizinkan Pulang

Rep: C26/ Red: Karta Raharja Ucu
Raja Bhumibol Adulyadej
Foto: AP Photo
Raja Bhumibol Adulyadej

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Setelah tujuh bulan berada di rumah sakit untuk menjalani masa perawatan, Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dibolehkan pulang. Ia menjalani masa perawatan setelah operasi pengangkatan kantung empedunya.

Keluarnya Bhumibol dari rumah sakit disambut suka cita penduduknya. Sebagai raja, dirinya begitu dikagumi dan dihormati di negerinya. Banyak masyarakat yang berteriak saat ia dan Ratu Sirikit menuju istana. "Hidup Raja!" teriak masyarakat seperti dikutip dari Reuters, Ahad (10/5).

Bhumibol saat ini berusia 87 tahun. Selama tujuh bulan, ia dirawat di Rumah Sakit Siriraj Bangkok dimulai dari Oktober 2014.

Sebagian besar warga Thailand mengapresiasi kejayaan tahta raja dibawa kepemimpinannya. Ia telah memimpin puluhan tahun dan menjaga Thailand dari kekerasan dan perpecahan politik. Bahkan anaknya yang merupakan ahli waris masih dinilai mendapatkan dukungan seperti ayahnya.

Pada 2006, Thailand sempat mengalami kekacauan politik. Ia meminta hakim untuk menyelesaikan krisis konstitusi tersebut. Beberapa bulan kemudian, Perdana Menteri Thailand saat itu Thaksin Shinawatra berhasil digulingkan tentara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement