Selasa 12 May 2015 17:15 WIB

Putin dan Kerry Bertemu untuk Perbaiki Hubungan

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menlu AS John Kerry.
Foto: Itv.com
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menlu AS John Kerry.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Menteri Luar Negeri AS John Kerry melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (12/5). Keduanya bertemu seiring tanda-tanda munculnya kemungkinan pemulihan hubungan antara Rusia dan Barat setelah lebih dari satu tahun tegang karena konflik Ukraina.

Pertemuan di Sochi akan menandai kunjungan pertama oleh diplomat tinggi AS ke Rusia sejak krisis Ukraina meletus April lalu.

Putin menolak mengalah terkait Ukraina, tetapi telah mengisyaratkan kesiapannya memperbaiki hubungan dengan AS dan Jerman setelah Rusia meradang di bawah beban sanksi Barat.

Kementerian Luar Negeri AS, Senin, mengatakan Kerry akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Putin.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga komunikasi langsung dengan para pejabat senior Rusia dan untuk memastikan pandangan AS tersampaikan dengan jelas," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Marie Harf.

Juru bicara Presiden Putin Dmitry Peskov menolak segera mengonfirmasi Kerry akan bertemu Presiden dalam kunjungan pertamanya ke Rusia dalam dua tahun tersebut, namun Kementerian Luar Negeri AS membenarkan pertemuan dengan Lavrov.

"Kami berharap bahwa kunjungan Menlu Kerry ke Rusia akan membantu normalisasi hubungan bilateral yang mempengaruhi stabilitas global," kata kementerian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement