Rabu 01 Jul 2015 20:10 WIB

Halaman Sekolah di Longreach Queensland Banyak Dikuasai Kangguru

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Lantaran halaman sekolahnya semakin sering dikuasai kangguru, sebuah sekolah dasar di Queensland Barat memutuskan akan melakukan pemusnahan kangguru di setiap akhir pekan. Kebijakan ini dilakukan  demi menjaga keamanan dan kesehatan siswa.

Pengelola Sekolah Publik Longreach mengaku khawatir dengan keamanan murid-murid di sekolah itu karena semakin banyak kangguru yang menguasai daerah tertentu di lingkungan tempat tinggal mereka atau menjadi hewan teritorial. Beberapa kangguru bahkan bisa bersikap agresif.

Presiden Asosiasi sekolah Publik Longreach, Bill Ringrose mengatakan kekeringan yang melanda kawasan itu telah menyebabkan kanguru turun ke wilayah pemukiman untuk mendapatkan makanan.,
 
Sehingga kangguru berkeliaran di pemukiman penduduk merupakan pemandangan umum di pusat Kota Longreach yang terletak di Barat Tengah Queensland atau sekitar 12 jam dari Kota Brisbane.  
 
Belakangan banyak dari kangguru itu pindah ke halaman sekolah untuk mencari makanan. "Mengingat sekarang sedang musim kemarau, jadi sangat tidak mungkin menghentikan Kangguru untuk tidak berkeliaran dan warga di sekitar Kota Longreach dan kota-kota lain di Barat Australia sudah tahu betul betapa banyaknya kangguru yang berkeliaran di kota dan orang-orang harus berbagi jalan dengan hewan ini,"

"Jadi kita telah mengupayakan segalanya dan ini merupakan upaya terakhir kita tapi demi kepentingan keamanan anak-anak kita sendiri, yang harus diutamakan, tapi sayangnya kita sudah berupaya lama untuk mencoba cara ini dan menyelesaikan masalah ini,'

Ringrose mengatakan kangguru-kangguru ini sangat berpotensi membahayakan dan juga membawa kutu.

"Semua orang tahu betapa kangguru itu telah menjadi hewan yang sangat teritorial atau menguasai suatu area, mereka menjadi semacam mengambil alih area di halaman sekolah sekarang,'
 
"Ini sangat menyulitkan petugas kita untuk mengusir mereka keluar dari halaman sekolah setiap harinya, hingga pada titik saat ini kangguru itu melawan petugas kami dan situasinya menjadi sangat membahayakan,"
 
"Mereka kemudian juga makin sering berkeliaran kesana kemari pada saat jam sekolah dan kami sangat takut anak-anak murid kami diserang atau dipukul oleh kangguru-kangguru itu,"
 
Menurut Ringrose, komite sekolah telah mendapatkan izin untuk memusnahkan kangguru yang masuk ke halaman sekolah mereka dan akan dilakukan pada hari Jum'at malam dan Sabtu pagi.
 
"Saat ini sangat umum terjadi sekawanan kangguru masuk ke dalam suatu daerah dan sejumlah properti milik organisasi dan juga sirkuit balap, "katanya.
 
"Kami memiliki penembak kangguru profesional yang dapat memusnahkan kangguru itu, dan Ia akan menggunakan senapan berkecepatan rendah."
 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement