Kamis 09 Jul 2015 20:31 WIB

Uganda Tangkap Dua Calon Presiden

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Mantan Perdana Menteri Uganda Amama Mbabazi.
Foto: voanews
Mantan Perdana Menteri Uganda Amama Mbabazi.

REPUBLIKA.CO.ID, NJERU -- Polisi Uganda menangkap dua calon presiden. Mereka dianggap berupaya melawan Presiden Yoweri Museveni.

Al Jazeera, Kamis (9/7), melaporkan mantan Perdana Menteri Amama Mbabazi ditahan saat sedang dalam perjalanan untuk bertemu pendukungnya di sebuah kota dekat perbatasan Kenya.

Komandan operasi Kepolisian Uganda Andrew Felix Kawesi mengkonfirmasi penangkapan kepada wartawan di Njeru. "Saya mengatakan, saya polisi dan telah menangkapnya. Dia harus tetap berpegang pada apa yang dibutuhkan hukum. Dia sekarang di bawah penahanan," kata Kawesi.

Pada Juni, polisi telah melarang Mbabazi menggelar pertemuan untuk mempromosikan penentangan melawan Museveni. Partai Mbabazi disebut belum menominasikan kandidat.

Polisi juga menangkap calon presiden dan pemimpin oposisi Kizza Besigye, saat meninggalkan rumahnya pada Kamis pagi. Ia berencana pergi ke Kedutaan Besar Amerika.

Polisi sempat mencegatnya dan memerintahkan untuk kembali ke rumah. Tapi ia menolak sehingga polisi menangkap dan membawanya ke Pos Polisi Nagalama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement