Selasa 14 Jul 2015 14:19 WIB

Gembong Narkoba Meksiko Ini Disayembarakan 3,8 Juta Dolar

Rep: Gita Amanda/ Red: Angga Indrawan
Joaquin
Foto: abc
Joaquin "El Chapo" Guzman.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA MEKSIKO -- Meksiko menawarkan hadiah sebesar 60 juta peso atau sekitar 3,8 juta dolar untuk siapa saja yang berhasil menangkap gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman. Guzman kini menjadi orang paling dicari di seluruh negeri.

BBC News melaporkan pada Selasa (14/7), bahwa sebuah perburuan besar sedang berlangsung untuk mencari Guzman. Pemerintah Meksiko pun menawarkan imbalan tinggi untuk mendapatkan Guzman kembali.

Guzman berhasil melarikan diri dari penjara dengan keamanan tingkat tinggi pada Sabtu (11/7). Ia kabur melalui sebuah terowongan sepajang 1,5 kilometer yang berada di bawah kamar mandi di selnya. 

Menteri Dalam Negari Meksiko Angel Osorio Chong mengatakan, para pejabat kemungkinan besar terlibat dalam pelarian  Guzman. Untuk itu tiga petugas penjara senior, termasuk direktur penjara Altiplano telah diberhentikan.

"Tidak akan ada ketenangan bagi kriminal ini," kata Osorio Chong.

Pada Senin (13/7), Osorio Chong mengunjungi penjara dan wilayah sekitarnya untuk pertama kali sejak Guzman kabur. Osorio Chong juga melihat bangunan kosong tempat terowongan Guzman dibangun.

Menteri dalam negeri tiba dengan helikopter di kompleks Altiplano bersama sekelompok anggota Kongres dan Komisaris Keamanan Nasional Monte Alejandro Rubrido.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement