Kamis 16 Jul 2015 12:48 WIB

Ini yang Dilakukan Gembong Narkoba Guzman Saat Kabur

Rep: C32/ Red: Angga Indrawan
oaquin Guzman Loera,
oaquin Guzman Loera,

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Komisaris Keamanan Nasional Mexico Monte Alejandro Rubido menunjukan video rekaman dari gembong narkoba Guzman yang melarikan diri. Dalam video tersebut terlihat detik-detik Guzman sebelum melarikan diri dari ruangan penjaranya.

 

“Dia mengganti sepatunya dan pergi ke kamar mandi. Anda tidak dapat melihat apa yang ia lakukan saat itu,” kata Rubido saat menjelaskan rekamannya seperti yang dilansir Reuters (15/6).

 

Ia menyatakan Guzman terlihat mondar-mandir ruangan lalu melihat ke belakang dinding partisi kamar mandinya. Gembong narkoba tersebut juga sempat terlihat duduk di tempat tidurnya dan berjongkok kembali di balik dinding lalu tak lama ia akhirnya menghilang dari pantauan rekaman pada 20.52 waktu setempat.

 

Dinding partisi yang menghalangi pandangan kamera sekitar 50 sentimeter. Televisi Meksiko juga sebelumnya menyiarkan di balik dinding tersebut ada lubang trowongan panjang, sehingga dinding tersebut dinilai sebagai tempat yang tidak bisa terlihat oleh kamera pengaman di sel Guzman.

 

Diketahui, gembong narkoba Guzman juga dikenal sebagai raja obat bius Meksiko. Kasus tersebut dinilai menjadi hal yang memalukan bagi Presiden Enrique Pena Nieto karena sudah menjadi kedua kalinya gembong narkoba kabur di Meksiko.

 

Guzman melarikan diri pada Sabtu malam (11/7) melalui terowongan bawah tanah di bawah kamar mandi selnya. Ia juga dinilai sebagai gembong narkona paling kuat dan salah satu terkaya di dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement