Kamis 16 Jul 2015 15:57 WIB

Istri Guzman Pewaris Tangguh Dinasti Narkoba Meksiko

Rep: C32/ Red: Angga Indrawan
Joaquin
Foto: abc
Joaquin "El Chapo" Guzman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Federal Meksiko telah menetapkan istri gembong narkoba El Chapo Guzman menjadi pengawasan prioritas tertinggi mereka. Istri Guzman yang dimaksud merupakan Emma Coronel (25 tahun) yang juga sebagai istri ketiganya.

Seperti dilansir Mail Online, Kamis (16/7), Coronel merupakan ratu kecantikan yang dinilai terkait dengan kejahatan brutal kartel Meksiko. Ia disebut sebagai salah satu pewaris tangguh dinasti narkotika Meksiko yang pernah ada.

Coronel menikah dengan Guzman pada 2007 saat umurnya masih 18 tahun dimana 30 tahun lebih muda dibandingkan suaminya. Pada 2011 ia melahirkan sepasang anak perempuan kembar yang menambah jumlah keturunan Guzman yang kesembilan.

Saat melahirkan, Coronel melarikan diri ke California namun saat itu Guzman tidak nampak mendampingi dan tidak ada dalam akta kedua anak kembarnya. Dikabarkan, kemungkinan besar ia seorang buronan di Amerika Serikat dan Meksiko.

Menurut Kantor Jaksa Agung Meksiko, Guzman menjadi buronan karena biayanya untuk menjadi gembong narkoba paling berbahaya di Meksiko. Hal tersebut memicu perang kartel berdarah yang merenggut nyawa lebih dari 550 orang pada 2011.

Diketahui, Keluarga Coronel dan Guzman dinilai banyak orang untuk mengikat antara keluarga pusat kartel narkoba. Ayah Coronel, Ines Coronel merupakan direktur operasi penyelundupan obat untuk kartel Sinaloa sepanjang bagian Arizona dari perbatasan AS dengan Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement