Selasa 18 Aug 2015 23:39 WIB

Tiga Pelaku Pembunuhan Blogger Ditangkap di Bangladesh

Rep: C94/ Red: Ilham
Blogger Bangladesh Niloy Chowdhury (40 tahun) tewas dibunuh.
Foto: telegraph
Blogger Bangladesh Niloy Chowdhury (40 tahun) tewas dibunuh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLADESH -- Polisi Bangladesh menangkap tiga orang pelaku pembunuhan blogger. Salah satu di antara tersangka merupakan warga negara Inggris.

 

Juru bicara Rapid Action Battalion (Batalyon Cepat Tanggap) mengatakan, pada hari Selasa, (18/8). Mereka telah menangkap Touhidur Rahman (58) dan dua pelaku lainnya yang merupakan anggota aktif dari Ansarullah Bangla Tim, yang melakukan serentetan pembunuhan blogger.

"Kami sudah menangkap mereka di Ibu Kota [Dhaka] hari ini. Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Rahman berasal dari Bangladesh warga Inggris. Dia adalah perencana utama serangan pada Avijit Roy dan Ananta Bijoy Das," kata Mayor Maksudul Alam seperti yang dilansir Aljazeera.com, Selasa (18/8) .

Setidaknya, 14 anggota lain milik beberapa kelompok telah ditangkap tahun ini sehubungan dengan kematian dan kekerasan penguna blog di negara Asia Selatan.

Empat blogger telah tewas sejak Januari. Pada tanggal 12 Mei, Ananta Bijoy Das tewas di daerah Subid Bazar distrik Sylhet utara. Sementara penulis-blogger Avijit Roy hacked asal Amerika sampai mati di dekat kampus Universitas Dhaka pada bulan Februari.

Pada bulan Maret, Seorang blogger bernama Washiqur Rahman Babu secara brutal dibunuh di wilayah Dhaka oleh tiga orang atas dugaan tulisan anti-Islam. Dua orang di antaranya berhasil ditangkap dekat tempat kejadian.

Sebelumnya juga, pembunuhan terakhir terjadi pada tanggal 7 Agustus, ketika blogger Niloy Chatterjee, yang menggunakan nama pena Niloy Neel dibunuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement