Rabu 09 Sep 2015 13:37 WIB

Badai Pasir Tewaskan Enam dan Ribuan Orang Dirawat

Badai Pasir yang Sering Terjadi di Wilayah Timur Tengah (ilustrasi)
Badai Pasir yang Sering Terjadi di Wilayah Timur Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Sebanyak enam orang tewas di Suriah dan Lebanon saat badai pasir parah melanda Timur Tengah pada Selasa (8/9).

Selain itu, jutaan orang menderita gangguan pernafasan. Puluhan ribu orang Suriah telah menderita sesak nafas dan gangguan pernafasan di Suriah sejak badai pasir menerjang negeri itu.

Badai pasir melanda Suriah sejak Ahad (6/9) dan menewaskan tiga orang di Provinsi Hama di bagian tengah negeri tersebut. Badai pasir mengakibatkan warga menderita sesak nafas serta gangguan pernafasan, termasuk alergi pada ribuan warga di Hama dan di luar wilayah tersebut.

Badai pasir sebagian disebabkan oleh sistem tekanan rendah yang menutupi seluruh wilayah itu dan angin yang bertiup dari timur,.

Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia, kelompok pengawas yang berpusat di Inggris, menyebutkan jumlah korban jiwa akibat badai pasir jadi enam di Hama, Provinsi Deir Az-Zour di Suriah Timur serta Provinsi Daraa di bagian selatan.

Departemen Kesehatan Suriah menegaskan rumah sakit siap menanggapi kondisi darurat, termasuk penyediaan obat yang berkaitan dan bronkodilator atau obat-obat yang digunakan mengatasi kesulitan bernafas yang disebabkan asma, bronkitis, bronkiolitis, pneumonia dan emfisema. Masker wajah juga disediakan untuk meredakan alergi akibat badai pasir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement