Sabtu 05 Dec 2015 00:01 WIB

Kota tanpa Mobil

Dua gadis menikmati festival kuliner jalanan di Helsinki, Finlandia. (ilustrasi)
Foto:
Lomba perahu layar di Helsinki, Finlandia. (ilustrasi)

Untuk sementara ini, mobil tidak akan dilarang. Kota akan melakukan apa yang dapat dilakukan untuk membuat masyarakat enggan menggunakannya, memperkenalkan transportasi umum yang lebih baik, lingkungan yang dapat dilalui pejalan kaki yang penuh dengan pelayanan, dan tarif yang lebih tinggi untuk parkir.

Para penghuni kota akan meninggalkan kendaraan mereka saat ke pertokoan, sekolah dan pusat pelayanan akan dikumpulkan dalam jarak yang bisa mereka capai dengan berjalan.

Dan bagi mereka yang harus bepergian lebih jauh untuk bekerja dapat menggunakan jaringan kereta bawah tanah yang cepat, kereta api dan jalur trem.

Kepala Divisi Perencanaan Kota Strategis, Rikhard Manninen, beserta timnya menyebut konsep baru tersebut sebagai "boulevardisasi", dimana jalur kendaraan yang sibuk di kota diubah menjadi jalan besar pemukiman yang hijau.

"Kami akan tetap mempertahankan wilayah hijau dengan cara menyalurkan sebagian besar proyek konstruksi kedalam wilayah dimana terdapat jalan tol didalamnya," ujar Manninen.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement