Selasa 22 Dec 2015 20:12 WIB

2015, ISIS Kehilangan 14 Persen Wilayah Kekuasaannya

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Gerakan ISIS
Foto: VOA
Gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Sebuah laporan terbaru dari lembaga think-tank IHS Jane menyatakan, kelompok militan bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah kehilangan 14 persen wilayahnya pada 2015. Sebagian besar wilayah yang hilang di perbatasan Suriah dengan Turki, di mana kelompok Kurdi menguasai kembali wilayah mereka.

ISIS dilaporkan juga telah kehilangan sejumlah kota strategis penting, seperti Tal Abyad di perbatasan dengan Turki, Tikrit, dan kilang Baiji di Irak. Kehilangan lainnya yang dialami ISIS termasuk hamparan jalan raya antara Raqqa dan Mosul, yang merupakan jalur rumit pasokan untuk kelompok itu.

Dilansir Aljazirah, IHS Jane mengatakan, wilayah ISIS menyusut 12.800 kilometer persegi dari 78 ribu kilometer persegi pada rentang awal tahun hingga 14 Desember lalu.

"Kami sudah melihat dampak negatif pada keuangan ISIS karena hilangnya kontrol wilayah perbatasan Tal Abyad, sebelum intensifikasi baru serangan udara koalisi terhadap kilang minyak kelompok itu," kata Analis senior Timur Tengah Columb Strack.

sumber : Reuters/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement