Jumat 08 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Elvis Presley Lahir

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Elvis Presley
Foto: bookfans.net
Bapak Astronomi Modern Galileo Galilei.

Galileo Galilei meninggal pada 8 Januari 1642 di usia 77 tahun karena usia dan kesehatan yang buruk. Ia dianggap sebagai penyumbang terbesar bagi dunia sains modern.

Ia juga sering disebut-sebut sebagai Bapak Astronomi Modern, Bapak Fisika Modern dan Bapak Sains. Karyanya bisa dikatakan sebagai terobosan besar dari Aristoteles.

Ia lahir di Pisa, Tuscany, Italia pada 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei, seorang metematikawan dan musisi asal Florence.

Galileo membuat sebuah teleskop berdasarkan deskripsi alat yang dibuat di Belanda pada 1608. Ia membuat teleskop dengan perbesaran tiga kali dan kemudian membuat model-model baru yang bisa mencapai perbesaran 32 kali.

Ia menemukan tiga satelit alami Jupiter -lo, Europa, dan Callisto pada 7 Januari 1610. Empat malam kemudian ia menemukan Ganymede. Pengamatan astronominya pertama kali diterbitkan pada Maret 1610 dengan judul Sidereus Nuncius. Buku terakhirnya berjudul Discorsi e Dimostrazioni Matematiche, Intorno à Due Nuove Scienze diterbitkan di Leiden pada 1638.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement