Kamis 07 Jan 2016 10:05 WIB

Ini Perbandingan Negara Pendukung Saudi dan Iran

Peta Baru Timur Tengah
Foto:
Menteri Luar Negeri Qatar Khalid Al Attiyah

Uni Emirat Arab

Hubungan Saudi dan Uni Emirat Arab sudah berlangsung lama. UEA juga terlibat aktif dalam operasi Koalisi Saudi di Yaman. UEA menunjukkan rasa solidaritas dengan mengurangi jumlah diplomat di Iran dan memanggil duta besarnya di Teheran. UEA memutuskan hanya fokus untuk urusan bisnis.

Kuwait

Kuwait merupakan sekutu dekat Saudi di kawasan. Keduanya merupakan negara dengan mayoritas Suni. Pada Selasa lalu, Kuwait memperlihatkan rasa solidaritas terhadap Saudi dengan memanggil duta besarnya di Teheran.

Yordania   

Yordania telah memanggil duta besar Iran di Aman pada Rabu lalu. Mereka mengecam keras atas kejadian yang terjadi pada kedutaan besar Saudi di Iran. Kantor berita Petra melaporkan, Yordania juga mengecam intervensi Iran di kawasan.

Djibouti

Djibouti merupakan negara di Tanduk Afrika yang mayoritas penduduknya Islam. Mereka ikut memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran sebagai bentuk rasa solidaritas. "Kami memutuskan hubungan diplomatik dengan Saudi sebagai bentuk rasa solidaritas," ujar Menteri Luar Negeri Djibouti Mahmoud Ali Youssouf kepada Reuters.

Qatar

 

Qatar menjadi negara terakhir yang secara tegas membela Saudi dalam perselisihan dengan Iran. Pemerintah Doha memanggil duta besarnya di Teheran sebagai respons atas serangan terhadap misi diplomatik Saudi.

sumber : AP/Aljazirah/Al Arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement