Rabu 27 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Manusia Jadi 'Drakula Pembunuh'

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Max Schreck berperan sebagai Count Orlok dalam film bisu klasik 1922 Nosferatu: A Symphony of Horror. Film ini menggambarkan kisah drakula.
Foto:
National Geographic

Pada 27 Januari 1888, National Geographic Society didirikan di Washington DC untuk peningkatan dan penyebaran pengetahuan geografis.

National Geographic Society awalnya dibentuk oleh 33 orang yang bertemu. Mereka berasal dari beragam latar belakang seperti ahli bumi, penjelajah, guru, pengacara, kartografer, perwira militer dan ahli keuangan. Semuanya memiliki minat dalam pengetahuan ilmiah dan geografis.

Adanya pendapat dalam waktu penemuan dan perubahan komunikasi massa orang Amerika yang menjadi lebih ingin tahu tentang dunia di sekitar mereka membuat National Geographic berkembang. Dengan pemikiran ini, mereka merancang konstitusi dan memilih seorang pengacara dan filantropis bernama Gardiner Greene Hubbard sebagai presiden lembaga.

Sembilan bulan setelah pembentukan, National Geographic menerbitkan majalah edisi pertama. Pembaca tidak tumbuh hingga Gilbert H Grosvenor mengambil alih sebagai editor pada 1899. Dalah hitungan beberapa tahun, Grosvenor mendorong sirkulasi dari 1.000 menjadi dua juta dengan memasukkan foto-foto untuk memperkuat artikel.

National Geographic cepat dikenal sebagai perintis fotografi menakjubkan. Majalah itu menjadi yang pertama mencetak foto alam, warna langit, laut, Kutub utara dan selatan. Lembaga menggunakan pendapatan dari majalah untuk mensponsori ekspedisi dan proyek-proyek penelitian yang yang menindaklanjuti pemahaman manusia dan fenomena alam.

Hari ini, National Geographic Society adalah salah satu lembaga ilmiah dan pendidikan non-profit terbesar di dunia. National Geographic terus menjual majalah bulanan dengan kertas mengkilap. Sirkulasinya mencapai sekitar sembilan juta.

Lembaga ini juga melihat dirinya sebagai wakil sumber daya alam planet ini dan dalam kapasitasnya, berfokus pada cara-cara untuk memperluas jangkauan dan mendidik pembacanya tentang hubungan unik yang dimiliki manusia dengan bumi.

Selanjutnya: John Lennon Ciptakan Lagu Tersingkat di Dunia

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement