Jumat 22 Jan 2016 09:36 WIB

10 Faksi Utama Suriah yang Ingin Jatuhkan Assad

Presiden Suriah Bashar al-Assad.
Foto: bbc
Front Al Nusra di Suriah

Kelompok Masuk Daftar Hitam

9. Fron Nusra

Kelompok yang didirikan pada pertengahan 2011 ini telah masuk dalam daftar hitam negara-negara Barat dan Arab. Kelompok ini diyakini memiliki hubungan dengan gerakan Alqaidah. Kendati begitu, kelompok Nusra cukup disegani di antara gerakan perlawanan. Nusra bergerak di 11 dari 14 provinsi di Suriah. Pasukan mereka juga dikenal memiliki disiplin tinggi. Saat ini mereka banyak menguasai wilayah di utara Suriah.

10. ISIS

Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah didirikan pada April 2013 di Irak. Pembentukan kelompok ini ditentang oleh Fron Nusra.  ISIS bisa bergerak tumbuh dengan cepat karena menarik milisi dari banyak negara. Kelompok yang berbasis di Raqqa tersebut diyakini juga memiliki pemasukan dari minyak cukup besar. Pemasukan tersebut digunakan untuk menjalankan gerakan mereka.

ISIS telah menjadi musuh bersama di Irak dan Suriah. Kelompok ini juga menjadi momok menakutkan bagi dunia, karena menjalankan aksi teror di luar wilayah teritori mereka. Rusia dan AS yang merupakan dua negara besar telah menyatakan perang dengan kelompok tersebut. Mereka juga melancarkan beragam operasi udara untuk menghancurkan gerakan ISIS.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement