Jumat 22 Jan 2016 16:52 WIB

19 Orang Tewas dalam Serangan di Mogadishu

Gerilyawan Ash-Shabaab, yang menguasai Somalia.
Foto: Reuters
Gerilyawan Ash-Shabaab, yang menguasai Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Sebanyak lima pria bersenjata anggota kelompok Al Shabab dari Somalia membunuh sedikitnya 19 orang ketika mereka meledakkan sebuah bom sebelum menyerbu sebuah rumah makan di tepi pantai di ibu kota Mogadishu.

"Mereka membunuh hampir 20 orang termasuk wanita dan anak-anak," kata Mohamed Abdirahman, seorang perwira polisi yang melukiskan serangan tersebut biadab dan brutal terhadap warga sipil yang tak bersalah.

Kawasan pantai Lido di Mogadishu termasuk sibuk karena terdapat rumah-rumah makan dan toko-toko serba ada yang populer di kalangan orang-orang bisnis dan diaspora Somalia yang telah kembali ke kota itu. Setelah ledakan kuat, sejumlah pria bersenjata masuk ke rumah makan itu pada Kamis malam sementara para tamu siap menikmati hidangan makan malam pada permulaan akhir pekan di Somalia.

"Faktanya militan Shebab memilih lokasi ini pada malam akhir pekan untuk melakukan aksi yang tak kenal ampun. Mereka ingin membunuh lebih banyak warga sipil, tetapi pasukan keamanan menyelamatkan sebagian besar orang," kata Abdirahman.

Kelompok bersenjata yang memiliki hubungan dekat dengan Alqaidah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Dalam serangan itu, empat dari para pelaku penyerangan juga tewas dan satu orang ditangkap.

"Para pejuang mujahidin menyasar Pantai Lido," demikian kelompok itu dalam pernyataan lewat Radio Andalus miliknya.

Menteri Keamanan Abdirazak Omar Mohamed mengatakan kepada wartawan empat di antara penyerang ditembak mati oleh pasukan keamanan. Dia menambahkan seorang penyerang ditangkap ketika pasukan keamanan masuk ke dalam gedung itu untuk menghentikan serangan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement