Sabtu 13 Feb 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Crouching Tiger, Hidden Dragon Sabet 10 Nominasi Oscar

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Michelle Yeoh dalam Crouching Tiger Hidden Dragons.
Foto: bookfans.net
Bapak Astronomi Modern Galileo Galilei.

Pada hari ini tahun 1633, Galileo Galilei tiba di Rometo untuk menghadapi tuduhan menyebar teori Copernican yang dianggap klenik. Teori ini menyebut Bumi berputar mengelilingi matahari. Pada masa itu, penduduk di Bumi percaya bahwa tempat mereka berpijak adalah pusat alam semesta.

Galileo menghadapi penyelidikan Roman pada April di tahun yang sama dan dinyatakan bersalah. Ia kemudian jadi tahanan rumah di bawah kepemimpinan Paus Urban VIII. Galileo menghabiskan sisa hidupnya di villanya di Arcetri dekat Florence. Ia meninggal pada 8 Januari 1642.

Galileo adalah seorang filsuf, ahli astronomi dan matematikawan yang lahir pada 15 Februari 1564. Ia adalah putra dari seorang musisi di Pisa Italia. Ia masuk universitas Pisa dan berencana ambil studi medis. Namun ia menggeser fokusnya jadi filosofi dan matematik.

Sejak 1592 hingga 1630, Galileo adalah profesor matematika yang mengembangkan sebuah teleskop yang membuatnya bisa mengamati bulan, satelit Jupiter dan fase-fasenya. Ia juga menemukan Milky Way adalah kumpulan bintang-bintang.

Teori Copernican yang menyebut matahari adalah pusat sistem solar bertolakbelakang dengan ajaran gereja katolik Roma saat itu. Buku-bukunya dilarang terbit atas perintah gereja. Ia dituduh sebagai musuh negara.

Kini, Galileo dikenal sebagai seorang penting yang berkontribusi pada studi gerak dan astronomi. Hasil kerjanya mempengaruhi penelitian di masa mendatang seperti pada Sir Isaac Newton yang mengembangkan hukum gravitasi universal. Pada 1992, Vatikan secara formal mengakui kesalahan dalam memperlakukan Galileo.

sumber : History.com