Rabu 09 Mar 2016 17:45 WIB

Iran Uji Rudal Khusus untuk Menghantam Israel

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Rudal Iran

Iran juga telah menembakkan roket di dekat kapal perang AS dan menerbangkan sebuah pesawat tak berawak bersenjata lebih dari satu di atas kapal induk Amerika dalam beberapa bulan terakhir.

"Rudal-rudal yang ditembakkan saat ini adalah hasil dari sanksi. Sanksi membantu Iran mengembangkan program rudalnya," kata Wakil Komandan Garda Revolusi Iran Brigadir Jenderal Hossein Salami, seperti dikutip FARS.

Garda Revolusi Iran sangat menaruh curiga pada AS dan sekutu-sekutunya. Mereka memiliki puluhan rudal balistik jarak pendek dan menengah. Jumlah rudal yang mereka miliki bahkan tercatat sebagai yang terbanyak di Timur Tengah.

Washington khawatir, rudal tersebut bisa digunakan untuk membawa hulu ledak nuklir di beberapa titik di masa depan. Bahkan, setelah Iran menerapkan kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia pada bulan Januari, yang memberikan batasan yang ketat dan pemeriksaan pada program nuklirnya yang disengketakan, mereka tetap khawatir.

Program rudal Iran berada di bawah resolusi Dewan Keamanan U.N. 2231 yang menyerukan Republik Islam untuk tidak mengembangkan rudal yang dirancang untuk mampu membawa hulu ledak nuklir. Iran mengatakan, rudalnya hanya rudal konvensional.

sumber : Reuters/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement