Senin 11 Apr 2016 10:13 WIB

GPS Jadi Biang Berkurangnya Kemampuan Survival Manusia

Bob Cooper dan muridnya tengah belajar memasak diatas bautubara yang panas.
Foto:

Pada 2015, kepolisian melakukan pencarian sebanyak 230 kali hanya untuk mencari orang hilang di seluruh wilayah Australia Barat saja, dan sepertiga dari kasus itu adalah orang hilang di kawasan pedesaan. Setidaknya tiga dari orang yang dikabarkan hilang, ditemukan mati.

Menurut polisi kasus umum yang menimpa orang-orang ini adalah melibatkan kendaran mereka yang rusak atau mogok atau penderita demensia atau penyakit mental yang membuat mereka linglung. Smalpage mengatakan pencarian orang di pedalaman juga menyebabkan biaya operasional tugas pencarian orang di kepolisian meningkat.

“Kami harus memastikan sumber daya kami memiliki pasokan logistik yang cukup untuk mendukung pencarian dan menghadapi cuaca panas dan medan area pencarian,” katanya.

Ditambah lagi biaya untuk alat pencarian seperti sewa pesawat SAR yang biayanya meningkat menjadi 5.000 dolar AS per jam dan hal ini bisa membuat biaya pencarian mencapai 1 juta dolar AS.

Tony Bullen dari Departemen Pertambangan dan Minyak Australia barat sering menyelenggarakan pelatihan keselamatan bagi pihak-pihak yang membutuhkannya. Umumnya kelompok yang berisiko termasuk mereka yang menghabiskan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di kawasan terpencil, daerah berbatu untuk  mencari emas nugget yang sulit dijangkau.

"Kami melihat semakin banyak orang yang hilang adalah memiliki yang mobil empat-wheel-drive dan punya waktu luang untuk pergi menjelajah dan kasus seperti ini semakin meningkat. Diperkirakan dalam empat-lima tahun mereka mendapati dirinya dalam kesulitan."

DMP, worksafe dan Polisi WA yang menjalankan kampanye keselamatan diri di wilayah pedalaman berusaha memperkuat pesan-pesan kunci, yakni membawa air, membawa EPIRB, dan tetap berada di kendaraan Anda jika terjadi gangguan atau masalah pada kendaraan Anda. Tapi Bob Cooper, prioritasnya adalah meningkatkan kemampuan bertahan hidup orang tanpa bantuan di pedalaman.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-10/andalkan-perangkat-sar-canggih-kemampuan-survival-manusia-berkurang/1567834
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement