Ahad 24 Apr 2016 14:40 WIB

Hari Anzac di Asia Diperingati dengan Pertandingan Persahabatan Footy

Para pemenang Pertandingan Persahabatan Anzac 2015 yakni klub Vietnam Swans dengan veteran perang, Ron Vernon.
Foto:
Kapten dan Presiden Vietnam Swans, yakni Bill Crang dan Presiden Grant Keys, menempatkan karangan bunga pada Upacara Pagi Hari di Long Tan, tahun 2015.

"Pertandingan persahabatan Anzac kami adalah pertandingan terbesar tahun ini," ujar Presiden Vietnam Swans, Grant Keys. Sejarah yang dikaitkan dengan Vung Tau dan dukungan yang kami peroleh dari para veteran yang bepergian tiap tahun membuat pertandingan ini begitu sangat spesial. Itu menggambarkan kami sebagai sebuah klub.

Veteran Angkatan Udara Australia (RAAF), Ron Vernon, yang bertugas di Vietnam tahun 1967, telah menjadi pengunjung reguler selama 7 tahun terakhir.

"Peringatan Hari Anzac dengan Upacara Pagi di Taman Makan Long Tan begitu sentral bagi semangat persahabatan dan kegembiraan dari pertandingan," ujarnya.

Pada tahun 1967, Ron bergabung dengan kompetisi AFL pertama di kawasan dan tim Angkatan Udaranya memenangkan gelar pertama. Meski kini ia tak bisa bertanding sendiri, Ron sangat bangga menyampaikan sambutan pra-pertandingan dan akan menyerahkan piala ke tim pemenang. Itu adalah tugas yang ia nanti.

Pada akhirnya, saya tak bisa menjelaskan betapa hebatnya bergabung dengan dua tim itu mengingat mereka datang bersama sebagai kawan dan menikmati minuman serta gurauan. Beberapa hal dalam hidup tak pernah berubah dan footy adalah contoh yang bagus.

Tahun ini, klub Thailand Tigers juga melagoni laga peringatan Anzac ke-13-nya melawan klub Malaysian Warriors. Di Hong Kong, upacara peringatan Hari Anzac diadakan sebelum pertandingan berlangsung selama putara ketiga Liga Footy China Selatan (SCAFL). Dan di Kalimantan, tim Balikpapan Borneo Bears menggelar kompetisi Piala Anzac pada hari Sabtu April 23.  Untuk mengetahui pertandingan AFL menyambut Hari Anzac di seluruh Asia, kunjungi AFL Asia website.

Pada Hari Anzac 2016, Australia Plus TV akan menyiarkan Upacara Nasional Hari Anzac dari Museum Perang Australia, begitu pula dengan upacara pagi yang disiarkan langsung dari Gallipoli dan Villers-Bretonneux di Perancis. Tayangan ini kemudian diikuti dengan program Why Anzac, di mana pembawa acara Sam Neill membahas sejumlah mitos legenda Anzac yang telah berlangsung lama. 

Australia Plus TV juga akan menyiarkan pertandingan persahabatan Hari Anzac antara klub Collingwood dan Essendon di lapangan MCG Melbourne.  Radio Australia akan menyiarkan secara langsung Upacara Pagi Hari Anzac pada pukul 5:30 waktu Papua Nugini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-24/hari-anzac-di-asia-diperingati-dengan-pertandingan-persahabatan-footy/1573180
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement