Rabu 04 May 2016 05:15 WIB

Ini 10 Gunung Berapi Paling Berbahaya Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Rep: c39/ Red: Bilal Ramadhan
Letusan gunung berapi  (ilustrasi)
Foto:
Gunung Vesuvius di Italia

2. Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius terletak di Campania, Italia. Gunung Ini memiliki sejarah aktivitas yang paling berbahaya di dunia. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 1944.

Sekitar 3 juta manusia hidup di sekitar gunung ini karena hanya terletak 5 mil dari Naples atau Napoli. Itulah alasan mengapa daerah gunung ini dianggap sebagai daerah vulkanik paling padat penduduk di seluruh dunia.

Gunung ini merupakan satu-satunya gunung berapi di Eropa yang telah meletus pada abad terakhir. Letusan yang paling terkenal terjadi pada tahun 1979. Ledakan itu menyebabkan kehancuran kota-kota terdekat Pompeii dan Herculaneum.

 

10. Gunung Mauna Loa, Hawaii

Gunung ini adalah gunung berapi terbesar di seluruh dunia karena memiliki luas permukaan dan volume. Gunung Mauna Lao merupakan salah satu gunung yang membentuk Pulau di Hawaii. Gunung berapi ini terus meletus dalam beberapa ratus ribu tahun terakhir.

Baru-baru ini meledak pada tahun 1984. Lava yang mengalir dari gunung berapi adalah ancaman yang paling signifikan terhadap daerah sekitarnya. Untungnya lava dari Mauna Loa sangat lambat, sehingga hanya menimbulkan sedikit bahaya bagi kehidupan manusia.

Namun, jika ada ledakan besar kecepatan mengalir lava akan meningkat. Gunung Mauna Lao juga menimbulkan ancaman dahsyat lain terhadap lingkungan dalam bentuk tanah longsor. Ini adalah insiden langka, tetapi dapat mengakibatkan kerusakan eksponensial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement