Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Komunis Filipina Bakal Ambil 4 Posisi Menteri di Kabinet Duterte

Kamis 19 May 2016 08:06 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham

Komunis Filipina

Komunis Filipina

Foto: manilatoday

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Pemimpin pemberontak komunis Filipina menyambut kemungkinan tawaran dari presiden Filipina terpilih untuk menempati empat posisi di kabinetnya. Namun menurut partai ini, aliansi perlu didasarkan pada prinsip-prinsip seperti keadilan dan kedaulatan sosial nasional, termasuk mengakhiri kehadiran pasukan Amerika Serikat.

Rodrigo Duterte yang memenangkan pemilu 9 Mei lalu mengatakan, ia mungkin akan menawarkan sejumlah posisi di kabinetnya kepada Partai Komunis Filipina (CPP). Posisi-posisi itu antara lain dalam reformasi agraria, lingkungan, kesejahteraan sosial, dan tenaga kerja.

"CPP dan kekuatan revolusioner menyambut kemungkinan bergabung dengan Presiden Duterte dalam aliansi pemerintahan. Baik dalam penempatan posisi di kabinet maupun untuk beberapa bentuk yang lebih radikal lainnya dari pemerintah persatuan baru. CPP terbuka mempertimbangkannya," ujar partai dalam sebuah pernyataan Rabu (18/5).

Aljazirah melaporkan dari Manila, Partai Komunis akan menyerahkan kepada Duterte daftar orang-orang yang dirasa dapat diterima. Duterte juga tampaknya akan melepaskan semua 500 tahanan politik di Filipina.

Sementara terkait pasukan Amerika, mereka selama ini tidak memiliki basis permanen di Filipina. Tetapi Filipina-AS kerap melakukan latihan bersama secara teratur. AS juga telah mendukung pasukan Filipina memerangi pejuang Abu Sayyaf di selatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA