Kamis 19 May 2016 08:06 WIB

Komunis Filipina Bakal Ambil 4 Posisi Menteri di Kabinet Duterte

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Komunis Filipina
Foto: manilatoday
Komunis Filipina

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Pemimpin pemberontak komunis Filipina menyambut kemungkinan tawaran dari presiden Filipina terpilih untuk menempati empat posisi di kabinetnya. Namun menurut partai ini, aliansi perlu didasarkan pada prinsip-prinsip seperti keadilan dan kedaulatan sosial nasional, termasuk mengakhiri kehadiran pasukan Amerika Serikat.

Rodrigo Duterte yang memenangkan pemilu 9 Mei lalu mengatakan, ia mungkin akan menawarkan sejumlah posisi di kabinetnya kepada Partai Komunis Filipina (CPP). Posisi-posisi itu antara lain dalam reformasi agraria, lingkungan, kesejahteraan sosial, dan tenaga kerja.

"CPP dan kekuatan revolusioner menyambut kemungkinan bergabung dengan Presiden Duterte dalam aliansi pemerintahan. Baik dalam penempatan posisi di kabinet maupun untuk beberapa bentuk yang lebih radikal lainnya dari pemerintah persatuan baru. CPP terbuka mempertimbangkannya," ujar partai dalam sebuah pernyataan Rabu (18/5).

Aljazirah melaporkan dari Manila, Partai Komunis akan menyerahkan kepada Duterte daftar orang-orang yang dirasa dapat diterima. Duterte juga tampaknya akan melepaskan semua 500 tahanan politik di Filipina.

Sementara terkait pasukan Amerika, mereka selama ini tidak memiliki basis permanen di Filipina. Tetapi Filipina-AS kerap melakukan latihan bersama secara teratur. AS juga telah mendukung pasukan Filipina memerangi pejuang Abu Sayyaf di selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement