Sabtu 21 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Ribuan Yahudi Tewas di Kamar Gas Nazi

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Pembantaian Yahudi oleh Nazi Jerman atau sering disebut Holocaust (Ilustrasi)
Foto:
Iklan kuno yang mengajak untuk bergabung dengan Palang Merah Amerika.

Di Washington DC, Clara Barton dan Adolphus Solomons mendirikan Palang Merah Amerika. Ini merupakan sebuah organisasi yang didirikan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban perang dan bencana alam dalam keselarasan dengan Palang Merah Internasional.

Barton lahir di Massachusetts pada 1821, bekerja dengan orang sakit dan terluka selama Perang Saudara Amerika yang membuatnya dikenal sebagai "Malaikat Medan Pertempuran" atas dedikasi tak kenal lelah.

Pada 1865, Presiden Abraham Lincoln menugaskannya mencari tahanan yang hilang dari perang. Dengan catatan ekstensif yang ia kumpulkan selama perang, Barton berhasil mengidentifikasi ribuan orang Amerika yang mati di kamp tawanan perang Andersonville.

Ia berada di Eropa pada 1870 ketika perang Prancis-Prusia pecah. Ia kemudian pergi ke belakang garis Jerman untuk bekerja dengan Palang Merah Internasional. Pada 1873, ia kembali ke AS dan empat tahun kemudian mengorganisir Palang Merah Internasional cabang Amerika yang berdiri 21 Mei 1881.

Palang Merah Amerika menerima piagam federal AS pertama pada 1900. Barton meninggal 12 tahun kemudian.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement