Selasa 24 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Jembatan Brooklyn

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Jembatan Brooklyn.
Foto:
Panggilan wasit dalam pertandingan sepak bola antara Peru dan Argentina memicu kerusuhan pada 24 Mei 1964. Lebih dari 300 penggemar tewas dan 500 orang terluka dalam huru-hara kekerasan di Stadion Nasional di Lima, Peru.

Panggilan wasit dalam pertandingan sepak bola antara Peru dan Argentina memicu kerusuhan pada hari ini 1964 lalu. Lebih dari 300 penggemar tewas dan 500 orang terluka dalam huru-hara kekerasan di Stadion Nasional di Lima, Peru.

Pertandingan itu adalah kualifikasi Olimpiade 1964. Pendukung Peru bersorak keras kepada tim mereka yang hanya memiliki beberapa menit tersisa. Ketika wasit menganulir gol untuk Peru, stadion menjadi riuh. Kepanikan terjadi dan kerumunan yang mencoba menyelamatkan diri justru membuat desak-desakan yang menewaskan banyak orang.

Beberapa tahun setelahnya, pada 1982 sebanyak 340 orang tewas di sebuah pertandingan di Moskow ketika gol terakhir membuat fan yang telah keluar mencoba kembali tiba-tiba. Sementara penonton lain menuju jalan keluar.

Bencana sepak bola skala besar juga pernah terjadi pada 1946 ketika 33 penggemar tewas di Bolton, Inggris. Saat itu, kondisi penuh sesak menyebabkan palang menimpa pennggemar.

Selanjutnya: Astronom Copernicus Meninggal

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement