Selasa 24 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Jembatan Brooklyn

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Jembatan Brooklyn.
Foto:
Nicolaas Copernicus

Pada 24 Mei 1543, astronom Polandia Nicolaus Copernicus meninggal di tempat yang sekarang dikenal Frombork, Polandia. Bapak astronomi modern ini adalah ilmuwa Eropa modern pertama yang mengatakan Bumi dan planet-planet lainnya berputar mengelilingi matahari.

Sebelum publikasi pekerjaan astronomi utamanya Six Book Concerning the Revolutions of the Heavenly Orbs pada 1543, para astronom Eropa berpendapat bumi terletak di pusat alam semesta.

Copernicus dengan benar mengungkapkan urutan planet yang diketahui, termasuk Bumi, dari Matahari dan memperkirakan orbit mereka. Ia juga berpendapat Bumi berubah setiap hari pada porosnya dan pergeseran bertahap sumbu ini menyumbang perubahan musim.

Copernicus meninggal pada tahun yang sama saat pekerjannya dipublikasikan. Kematian ini menyelamatkan ia dari kemarahan beberapa tokoh agama yang kemudian mengutuk pandangan heliosentris tetang alam semesta sebagai bidah. Pada akhir abad ke-18, pandangan tata surya Copernicus diterima hampir secara universal.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement