Selasa 21 Jun 2016 07:10 WIB

Sejarah Hari Ini: 50 Ribu Orang Tewas Akibat Gempa Iran

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa bumi (ilustrasi)
Simbol Ku Klux Klan atau KKK

Sebanyak tiga aktivis hak sipil di Amerika Serikat (AS) bernama Michael Schwerner, Andrew Goodman, dan James Chaney tewas pada 21 Juni 1964. Mereka dibunuh oleh Ku Klux Klan, kelompok rasis ekstrem di negara tersebut. 

Ketiganya saat itu mengupayakan agar warga kulit hitam mendapat hak memilih di Mississippi. Hal inilah yang kemudian memicu kemarahan dari kelompok yang menganggap bahwa ras kulit putih ada terbaik itu. 

Baik Schwerner, Goodman, dan Chaney merupakan pria kulit hitam yang sangat berdedikasi terhadap hak-hak dasar. Namun, hal ini membuat anggota kelompok klan itu tidak senang. 

Saat peristiwa berlangsung, ketiga pemuda itu tengah berada di perjalanan dari Philapdephia. Seorang polisi bernama Cecil Price, yang diketahui juga merupakan anggota KKK menangkap mereka dengan alasan berkendara di atas rata-rata. 

Setelah ditahan sementara, Schwerner, Goodman, dan Chaney dibebaskan. Namun, sesaat setelahnya, mobil mereka telah diikuti oleh orang-orang dari KKK. Saat itula, ketiganya ditembak hingga tewas seketika. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement