Kamis 30 Jun 2016 10:12 WIB

7 Info Unik Seputar Pemilu Australia

Apakah Ratu Inggris memilih dalam Pemilu Australia?
Foto:
Pemilih mendatangi salah satu TPS.

6. Kapan kita tahu siapa yang menang?

Pemungutan suara selalu diselenggarakan pada hari Sabtu dan penghitungan suara dimulai segera setelah TPS ditutup pada pukul 6 sore. Kertas suara dihitung dengan tangan. Kotak-kotak suara dikosongkan dan kertas suara ditaruh di atas meja, dipisahkan dan disortir menjadi beberapa tumpukan. Kertas suara juga dihitung kembali hari berikutnya dengan tangan dan dengan mesin. Hasilnya dapat diketahui dalam waktu dua jam.

Hasil masuk dengan cepat sebagian karena cara bagaimana kertas suara dihitung. Pertama, semua suara nomor 1 untuk seorang kandidat dijumlahkan. Jika seorang kandidat mendapat lebih dari 50 persen suara nomor 1, dia langsung dinyatakan terpilih!

Jika tidak ada kandidat yang mendapat lebih dari separuh suara nomor 1’, maka kandidat dengan suara paling sedikit dikeluarkan dan suaranya ditransfer untuk kandidat-kandidat lain (sesuai dengan perjanjian preferensi antarpartai/kandidat) yang dipilih sebagai nomor 2. Begitu seterusnya, sampai seorang kandidat menerima lebih dari separuh suara dan dinyatakan sebagai pemenang.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/7-info-unik-soal-pemilu-australia/7553712
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement