Jumat 01 Jul 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Yasser Arafat Kembali Setelah Diasingkan 27 Tahun

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina masih mengelu-elukan Yasser Arafat dalam perayaan milad PLO
Foto:
Kanada

Pada hari ini, empat negara merayakan hari kemerdekaan. Meski ditahun yang berbeda. Kanada merdeka dari Inggris tahun 1867. Awalnya Kanada adalah bagian dari Inggris yang berbatasan dengan AS.

Pada hari ini Britania Raya  sepakat untuk mendirikan Dominion Kanada, konfederasi dari Nova Scotia, New Bruncwick dan provinsi masa depan di Ontario juga Quebec. Sejak abad 19, kolonial Inggris memberikan otonomi lebih untuk Kanada yang berkembang.

Sementara Somalia berdiri pada tahun 1960. Somalia merupakan gabungan dari Somaliland Protectorate dibawah kekuasaan Ingris dan Somaliland Italia dibawah kekuasaan Italia. Somalia dijajah keduanya sejak awal abad 19.

Somalia utara dan barat sejak 1901 telah melakukan perlawanan terhadap Inggris. Sementara Somalia timur dan selatan bergabung dengan Eritrea dan Ethiopida melawan Italia. Setelah Perang Dunia II, PBB terlibat Somalia hingga Italia menyerahkan wilayah jajahan pada Somalia, diikuti Inggris.

Rwanda dan Burundi merdeka pada 1 Juli 1962. Dua negara yang saling berbatasan itu meraih kemerdekaan masing-masing. Keduanya dijajah Jerman sejak abad 18. Namun setelah Jerman kalah Perang Dunia I, PBB menyerahkan kekuasaan pada Belgia. Resolusi PBB tahun 1962 mengakhiri kolonialisme di sana.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement