Ahad 24 Jul 2016 11:40 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapal Eastland Tenggelam, 800 Penumpang Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pada 24 Juli 1915, kapal Eastland mengarungi sungai Chicago. Namun kapal terbalik hingga menenggelamkan 800-850 penumpangnya yang saat itu sedang piknik.
Foto:
Kirk Bloodsworth menjadi pria pertama yang dijatuhi hukuman mati di Amerika Serikat dan dibebaskan karena tes DNA pada 1993.

Jasad seorang anak berusia sembilan tahun ditemukan di area hutan Rosedale, Maryland dekat rumahnya pada 1984. Ia adalah Dawn Hamilton, korban perkosaan dan pemukulan dengan batu hingga tewas.

Sayangnya, Hamilton dan keluarganya bukan satu-satunya pihak yang menderita. Saksi saat itu mengaku melihat pria mencurigakan di lokasi pembunuhan. Polisi kemudian membuat sketsa wajahnya dan disebar di berbagai media.

Dua pekan kemudian, seorang pria anonim menyebut Kirk Bloodsworth adalah pelakunya. Pria 23 tahun mantan marinir itu disebutnya mirip dengan foto. Bloodsworth yang berada di Baltimore, dekat Rosedale pun dijadikan buron.

Dengan bukti minim, jaksa menuduhnya sebagai pembunuh Hamilton. Selama proses peradilan pada 1985, banyak saksi yang mengatakan Bloodsworth bersama mereka saat kejadian. Namun hakim mengabaikan alibi tersebut.

Bloodsworth pun dijatuhi hukuman mati. Selama tujuh tahun di penjara, ia bersikeras mengaku tidak bersalah. Saat itu tes DNA masih belum canggih. Hingga pada 1993, ilmu pengetahuan telah berkembang dan bisa mengetes bukti fisik.

Polisi saat itu menemukan di celana dalam Hamilton ada sedikit sisa air mani. Jaksa kemudian mengizinkan bukti fisik itu diuji. Forensic Science Associate menemukan bahwa air mani itu tidak cocok dengan DNA Bloodsworth.

Laboratorium kejahatan FBI mengonfirmasi hasil tes. Hingga akhirnya Bloodsworth dibebaskan namun jaksa menolak meminta maaf. Sejak adanya tes DNA tersebut, sebanyak 50 tahanan dibebaskan karena salah tangkap.

Bloodsworth menjadi pria pertama yang dijatuhi hukuman mati di Amerika Serikat dan dibebaskan karena tes DNA.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement