Jumat 29 Jul 2016 12:27 WIB

70 Ilmuwan Perempuan Latihan Kepemimpinan di Antartika

Webster pertama kali mengunjungi Antartika di tahun 2000.
Foto:
Pemandangan matahari terbenam di Antartika

Antartika dengan cepat meningkat suhunya

Ekspedisi selama tiga pekan ini akan dimulai dari Ushuaia, Argentina pada bulan Desember, dan mencapai Antartika barat empat hari kemudian - daerah yang dilaporkan mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan banyak tempat lain di planet ini.

Gainsford mengatakan lokasi ini tidak saja akan memberikan wawasan yang penting terhadap perubahan iklim, pemandangan di sana juga akan menarik perhatian ilmuwan internasinoal.

"Ini program kepemimpinan strategis yang akan dijalankan dengan latar belakang Antartika, yang kebetulan menjadi wilayah pemanasan tercepat di dunia," katanya.

"Jadi ini merupakan misi yang sangat penting untuk dua pesan yang sangat penting yang kita ingin sampaikan."

Dunia menakjubkan berwarna putih

Bagi sebagian orang, Antartika adalah kawasan asing yang sangat luas yang terdiri dari lanskap putih yang suram dan hewan langka. Tapi bagi Webster, Antartika adalah pemandangan yang sudah biasa.

Pada awal 2000-an, Webster menghabiskan empat bulan di Kutub Selatan mempelajari mikroorganisme yang hidup di dalam karang dan spons, dan berkontribusi untuk kesehatan atau penyakit karang. Webster mengatakan ini merupakan pengalaman menakjubkan.

"Kami terbang ke Antartika sebagai bagian dari proyek penelitian saya dan kami berada di dalam pesawat militer yang tidak memiliki jendela sehingga ketika pesawat terbuka dan yang kita saksikan dalam kawasan luas menakjubkan berwarna putih," katanya

"Antartika sangat dingin dan sesuatu yang sangat sulit bagi saya, yang datang dari Townsville dengan suhu di atas 35 derajat, mendarat di Antartika yang bersuhu sekitar minus 35 derajat, tapi itu sangat indah."

Tertarik pada lingkungan laut, penelitian Webster memberi timnya kesempatan mengebor lubang sepanjang tiga meter lapisan es serta melakukan penyelaman. "Di bawah lapisan es, semuanya sangat indah karena Anda memiliki palung es dan karang yang sangat berwarna dan karang yang lunak," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/dua-ilmuwan-perempuan-queensland-berangkat-ke-antartika-promosi/7672318
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement