Senin 08 Aug 2016 23:00 WIB

Peringatan 17 Agustus di Canberra, Merah Putih Dikibarkan di Burley Griffin

Warga Indonesia berkumpul di Danau Griffin
Foto:
Lomba makan kerupuk permainan tradisional Indonesia setiap 17 Agustusan juga dlangsungkan.

Mereka dengan mudah menjawab asal Anoa, burung Cendrawasih hingga lokasi Candi Prambanan. Figur R.A. Kartini pun menjadi sosok pejuang emansipasi yang mereka hafal. 

Penanaman semangat kebangsaan pada anak-anak ini diberikan oleh Dubes Nadjib Riphat berupa cerita, kuiz dan bernyanyi bersama, yaitu Halo-Halo Bandung, Hari Merdeka dan Aku Anak Indonesia, yang diselenggarakan dalam rangka‎ ‎peringatan Hari Anak Nasional tahun 2016 yang digabungkan dengan perayaan 17 Agustusan di Canberra.

Untuk menambah suasana khas 17-an dan mengobati rasa kangen dengan kuliner tanah air, KBRI Canberra secara khusus menyediakan masakan soto ayam, mie ayam dan nasi goreng serta rebus-rebusan, seperti kacang, pisang dan ubi yang ludes diserbu para peserta.

Suasa‎na 17 Agustusan yang meriah ini juga dirasakan oleh Endi Dharma, seorang WNI yang meski tinggal di Sydney, yang berjarak 300 km dari Canberra, menyempatkan diri ke KBRI Canberra.

"Suasananya tak ubahnya seperti perayaan di tanah air", menurutnya. Bahkan, saking bangganya, dirinya tampil membawakan puisi diiringi lagu Gebyar-Gebyar

Hal yang sama disampaikan oleh Naning Zuliarti, WNI yang sudah dua tahun bermukim di Canberra. Menurutnya, 17 Agustusan di Canberra selalu memberikan kesan yang sangat mendalam. ‎Momentum di mana persatuan antar sesama WNI sangat terasa. Saya sangat merindukan suasana 17-an di Canberra'. 

Disamping itu, ‎untuk lebih membuat suasana perayaan lomba-lomba 17-an lebih meriah, disediakan door prize yang beragam dengan hadiah utama tiket PP Sydney- Medan-Sydney.

KBRI Canberra juga akan menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016 yang akan mengundang ‎berbagai kalangan. Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan, seperti pidato Bahasa Indonesia oleh pelajar Australia pemenang lomba berbahasa Indonesia dari Melbourne, aubade anak-anak Indonesia hingga peragaan berbaris pasukan Paskibra.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/peringatan-17-agustus-di-canberra/7700114
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement