Kamis 18 Aug 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Kudeta Terhadap Mikhail Gorbachev Dimulai

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Mikhail Gorbachev
Foto: markrileymedia.com
Roman Polanski

Pada 18 Agustus 1933, sutradara kenamaan Roman Polanski lahir di Rajmund Roman Liebling, di Paris, Prancis. Polanski terkenal dengan film-filmnya seperti Rosemary's Baby, Chinatown, dan The Pianist.

Dilansir History.com, Polanski dibesarkan di Polandia selama Perang Dunia II. Kedua orang tuanya yang merupakan Yahudi dikirim ke kamp konsentrasi. Ibunya meninggal di Auschwitz.

Sebagai seorang sutradara film, kehidupannya penuh tragedi dan kontroversi. Ia memulai belajar film di Polandia saat muda. Ia membuat film ficer pertamanya pada 1962 yang kemudian mendapat nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film Hollywood pertamanya, Rosemary's Baby, dirilis pada 1968. Ia juga pernah meraih nominasi Oscar untuk Skenario Adaptasi terbaik.

Pada 1977, Polanski terlibat dalam kasus kontroversial. Saat itu ia mengaku bersalah melakukan hubungan seksual dengan gadis 13 tahun.

Pada Februari 1978, ia melarikan diri dari Amerika Serikat sebelum dijatuhi hukuman. Setelah itu, ia terus membuat film di Perancis dan Polandia, di mana ia tidak bisa diekstradisi ke Amerika.

Filmnya pada 2002 lalu berjudul "The Pianist", mengantarkannya menerima piala Oscar untuk Sutradara Terbaik. Namun takut ditangkap, ia tak menghadiri upacara penghargaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement