Jumat 02 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Jepang Bertekuk Lutut pada Amerika di PD II

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Hiroshima yang hancur lebur setelah dibom atom Amerika
Foto:
Pada 2 September 1969, mesin penarik uang tunai atau ATM dioperasikan pertama kali oleh nasabah Chemical Bank di Rockville Center, New York, Amerika Serikat.

Hari ini, 2 September 1969, mesin penarik uang tunai atau ATM dioperasikan pertama kali oleh nasabah Chemical Bank di Rockville Center, New York, Amerika Serikat. ATM merupakan wujud revolusi dalam dunia perbankan, dengan mempermudah nasabah menarik uang tunai tanpa perlu mendatangi kantor bank.

Dilansir dari History, Don Wetzel, eksekutif Docutel, perusahaan pengembangan mesin otomatis di Dallas mengatakan ATM pada awalnya hanya bisa melakukan penarikan uang tunai. Namun pada 1971, ATM dikembangkan hingga bisa menjalankan beberapa perintah.

Pada 1980, mesin ATM menjadi sangat populer karena memiliki banyak fungsi yang biasanya dikerjakan manusia, misalnya mengecek deposito dan mentransfer uang antarrekening. ATM menjadi benda yang sangat diperlukan masyarakat, sama halnya seperti ponsel dan email.

Mesin ATM kemudian semakin maju dan dapat ditemui di berbagai tempat, seperti stasiun dan toko-toko. Bahkan sebuah mesin ATM ada di Stasiun McMurdo, Antartika.

Pada 1990, bank mulai menarik keuntungan dengan mengambil biaya tambahan bagi pengguna ATM. Hal ini tentu bukan kabar baik bagi nasabah, namun mereka tetap memerlukan ATM untuk melakukan transaksi.

Saat ini ada jutaan ATM di seluruh dunia, dengan penambahan satu ATM setiap lima menit. Beberapa ATM menjadi sasaran kejahatan yang membahayakan nasabah.

Selanjutnya: Usai Jepang Menyerah, Ho Chi Minh Deklarasikan Kemerdekaan Vietnam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement