Senin 05 Sep 2016 10:27 WIB

Menteri Kesehatan Malaysia Perkirakan Kasus Zika akan Bertambah

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
 Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.
Foto: Reuters/ Paulo Whitaker
Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Subramaniam, mengatakan kasus zika diperkirakan akan terus bertambah di Malaysia. Sebelumnya Pemerintah Malaysia telah mengonfirmasi adanya kasus kedua zika di Kota Kinabalu.

"Konfirmasi dari kasus kedua zika di Kota Kinabalu menunjukkan virus ini sudah hadir di dalam masyarakat kita. Pasien ini bahkan belum pernah ke negara lain, yang berarti dia terjangkit virus secara lokal," katanya dalam sebuah unggahan di Facebook kemarin seperti dilansir dari Strait Times.

Seorang pasian berusia 61 tahun yang positif terjangkit virus zika dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu (3/9) lalu karena komplikasi penyakit jantung. Subramaniam mengatakan, kementerian sampai saat ini belum bisa memastikan dari mana virus tersebut berasal.

"Kami sedang dalam proses melacak pergerakan pasien selama beberapa pekan terakhir. Kami akan mengintensifkan kegiatan pengendalian di daerah-daerah," jelasnya.

Baca juga, Virus Zika Dipastikan Ada di Singapura.

Meski demikian, Subramaniam menuturkan Kementerian Kesehatan juga fokus pada investigasi apakah kematian pasien berhubungan dengan zika. Sebab pasien diketahui memiliki kondisi medis lainnya, termasuk masalah jantung dan penyakit ginjal kronis, yang mengancam jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement