Selasa 13 Sep 2016 06:47 WIB

Negara-Negara yang Berlakukan Travel Warning ke Singapura

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Virus zika
Foto: Helene Valenzuela / AFP
Ilustrasi Virus zika

REPUBLIKA.CO.ID, Virus Zika menjangkiti Singapura dan kini dihadapkan pada pencegahan penularan virus tersebut ke negara lain. Pencegahan ini juga bisa saja diikuti dengan kebijakan larangan bepergian atau travel warning dari sebuah negara untuk warga negaranya yang akan ke Singapura.

Akan tetapi, kebijakan travel warning tidak dilakukan Malaysia yang merupakan negara tetangga Singapura, karena alasan warga negaranya yang kerap ke negara itu untuk berbisnis. Berikut negara-negara yang berlakukan travel warning ke Singapura:

 

 

1. Australia

Australia telah memberlakukan travel warning bagi warganya yang ingin pergi ke Singapura, terutama wanita hamil. Departemen Luar Negeri Australia menyatakan, semua pelancong harus menghindari gigitan nyamuk.

Seperti dilansir Sydney Morning Herald, Departemen Kesehatan Australia meminta agar wanita hamil tidak pergi ke Singapura. Sedangkan wanita yang baru pulang dari Singapura tak boleh merencanakan kehamilan selama dua bulan ketika tiba di Australia.

Australia meminta warga negaranya saat berpergian ke luar menjaga diri dari gigitan nyamuk. Apalagi virus zika bisa menyebabkan kerusakan pada janin. Wanita hamil sebaiknya mendiskusikan rencananya melancong dengan dokternya, bahkan sebaiknya membatalkan perjalanannya ke negara di mana virus zika merebak.

Seperti dilansir Smartraveller.gov.au disebutkan, Pemerintah Australia meminta semua pelancong mencegah dirinya terkena gigitan nyamuk di negara yang terserang zika. Caranya, para pelancong harus memakai baju lengan panjang dan celana panjang, menggunakan obat anti nyamuk seperti losion anti nyamuk, menggunakan sepatu, dan kaos kaki.

Jika diperlukan, pelancong harus menggunakan insektisida untuk membunuh dan mencegah nyamuk mendekat. Pelancong saat tidur sebaiknya menggunakan kelambu agar tak digigit nyamuk. Tempat tidur sebaiknya juga harus berpendingin udara, sebab mampu mengusir nyamuk karena membuat udara di ruangan jauh lebih dingin.

Saat kembali ke Australia, para pelancong sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Wanita hamil usai melancong dari negara yang terkena wabah zika juga wajib memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi jika usai melancong mereka merasa tak enak badan. Maka pelancong harus ke dokter dan wajib menceritakan kepada  dokternya mereka habis melakukan perjalanan dari negara mana. Ini semua wajib dilakukan untuk mencegah merebaknya virus zika di Australia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement