Kamis 15 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Muhammad Ali Kukuhkan Gelar Juara Dunia untuk Ketiga Kalinya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Muhammad Ali saat memukul KO petinju Inggris Richard Dunn
Foto: AP
Marilyn Monroe

Foto terkenal Marilyn Monroe saat roknya terbang terbawa angin di atas ventilasi kereta bawah tanah, diambil pada 15 September 1954, dalam syuting film The Seven Year Itch. Foto tersebut membuat suaminya, Joe DiMaggio marah dan mereka bercerai tak lama setelahnya.

Dilansir dari History, Monroe yang lahir dengan nama Norma Jean Mortensen ini memiliki kisah masa kecil yang tragis. Ibunya, yang bekerja di studio film, dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa karena gangguan mental, saat ia berusia lima tahun.

Setelah itu Monroe hidup di sejumlah panti asuhan. Pada usia 16 tahun, ia berhenti sekolah dan menikah dengan seorang pekerja pabrik pesawat berusia 21 tahun bernama Joe Dougherty.

Pada 1944, suaminya dikirim ke luar negeri untuk urusan militer dan Monroe terpaksa bekerja sebagai penyemprot cat di sebuah pabrik. Seorang fotografer melihatnya dan menjadikannya model.

Ia mulai bekerja sebagai model dan bercerai dengan suaminya dua tahun kemudian. Pada 1946, 20th Century Fox mengontraknya 125 dolar AS per pekan, namun diberhentikan setelah satu film. Columbia juga melakukan hal yang sama.

Monroe memainkan serangkaian film kecil sampai 1950. Saat Fox mengontraknya lagi, studio film ini memberinya peran utama di awal 1950-an.

Pada 1953, ia bermain dengan Jane Russel dalam film Gentlemen Prefer Blonders. Film tersebut membuatnya semakin dikenal.

Monroe bermain dalam film terakhirnya pada 1961, The Misfits, yang ditulis oleh suami ketiganya, Arthur Miller. Tapi mereka bercerai satu pekan sebelum film itu resmi dirilis.

Ia mencoba bermain dalam satu film lagi yang berjudul Something's Got to Give, namun diberhentikan karena sering jatuh sakit. Pada Agustus 1962, Monroe ditemukan meninggal dunia karena over dosis pil tidur.

Sejak kematiannya, mantan suaminya, Joe DiMaggio, terus mengirimkan bunga ke makamnya setiap hari di sepanjang hidupnya.

Selanjutnya: Novelis Agatha Christie Lahir

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement