Ahad 25 Sep 2016 15:35 WIB

16 Ibu Hamil Terinfeksi Zika di Singapura

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nur Aini
 Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.
Foto: Reuters/ Paulo Whitaker
Nyamuk Aedes aegypti penyebab visrus zika.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Kasus zika di Singapura masih terus bertambah meski peningkatannya tidak secepat fase awal wabah. Pada Sabtu (24/9), Kementerian Kesehatan Singapura melaporkan 387 total kasus zika hingga Jumat sejak awal wabah.

Sebanyak 16 di antaranya terjadi pada ibu hamil. Dokter kandungan mereka terus memantau perkembangan janin dan memberikan konseling serta dukungan.

Pada Channel News Asia, Kementerian Kesehatan mengatakan pemerintah telah melakukan 658 tes zika pada penduduk sejak 7 September hingga 17 September. Terdapat 197 ibu hamil yang diduga mengidap zika atau punya gejala mirip zika sehingga harus diperiksa.

Kementerian juga berencana mengembangkan program pengawasan bayi baru lahir dari ibu terinfeksi zika. Sejauh ini pemerintah terus memantau situasi secara intens. Namun, belum ada kasus mikrosefalia yang dilaporkan berdasarkan wabah saat ini.

Meski demikian, Singapura pernah mencatat kelainan ini sejak Januari 1993. Antara 2011 hingga 2014, jumlah kasus mikrosefalia yang tercatat di Singapura mencapai lima hingga 12 bayi per 10 ribu kelahiran.

sumber : Channel News Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement