Selasa 11 Oct 2016 15:44 WIB

Warga Thailand Pakai Baju Merah Muda untuk Kesembuhan Raja Bhumibol

Rep: MgRol81/ Red: Teguh Firmansyah
Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej atau dikenal sebagai Raja Rama IX.
Foto: IST
Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej atau dikenal sebagai Raja Rama IX.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Warga Thailand serempak mengenakan baju merah muda untuk Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. Mereka percaya warna merah muda akan membantu meningkatkan kesehatan raja berumur 88 tahun yang sudah dua hari berada dalam kondisi tidak stabil.

Raja Bhumibol, raja yang berkuasa paling lama di dunia, secara luas dihormati di Thailand. Menduduki takhta kerajaan selama tujuh dekade, ia dilihat sebagai kekuatan yang mempersatukan negara. Ia juga menyelamatkan Thailand yang hampir terjun ke dalam krisis.

Seperti dilansir Reuters, istana menyatakan pada Ahad (9/10), kesehatan Raja Bhumibol sedang "tidak stabil" setelah cuci darah di rumah sakit.

Tidak lumrah bagi istana untuk menyebarkan informasi tentang buruknya kesehatan raja. Laporan tentang kondisi raja biasanya dikeluarkan setelah kondisinya menunjukkan peningkatan.

Sejak pernyataan istana, ajakan untuk memakai baju merah muda tersebar luas di media sosial. Warna merah muda menjadi penting sejak beberapa tahun lalu seorang astrolog kerajaan mengatakan warna itu baik untuk raja dan akan meningkatkan kesejahteraan. Sejak itu, raja kerap terlihat terbalut dalam busana berwarna merah muda.

Di kawasan Silom Bangkok, seorang pegawai pemerintah, Chay Chinapairot, termasuk di antara mereka yang mengenakan pakaian merah muda. "Saya sangat prihatin. Saya mungkin akan memakai merah muda setiap hari," katanya.

Baca juga, Raja Thailand Sembuh dari Infeksi Pernapasan.

Selain gerakan baju merah muda, warga Thailand lainnya juga mendoakan kesembuhan raja lewat bermacam tindakan.

Sebuah halaman Facebook bernama 'We Love Thai King' yang memiliki lebih dari 2,5 juta anggota, menyebarkan tagar #SemogaRajaCepatPulih dalam bahasa Thai.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan anggota kabinetnya juga akan menandatangani buku "Cepat Pulih" untuk Raja Bhumibol di Bangkok Grand Palace, pada Selasa (11/10). Para biksu di kuil Wat Pathum Wanaram yang terletak di distrik perbelanjaan utama kota, juga akan membacakan doa bagi raja.

Simpatisan pada Selasa (11/10) juga dilaporkan berbondong-bondong ke Rumah Sakit Siriraj di Bangkok, lokasi raja telah dirawat sepanjang tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement